Wargame Airland Battle Quick Review

Hello again junkers!! Di Treasured Junk review kali ini saya ingin membahas mengenai game strategi yang menurut saya keren banget. Agak berbeda dari game strategi yang pernah saya mainkan sebelumnya. Walaupun saya memang bukan pecinta game strategi, tetapi saya cukup ketagihan memainkan game ini. Game itu bernama Wargame: Airland Battle. Sejujurnya menurut saya judulnya kurang menarik, bandingkan dengan game-game RTS seperti Red Alert, Star Craft, atau Company of Heroes, rasanya judulnya terasa biasa saja, dan memang saya awalnya tidak mau membeli game ini karena melihat judulnya. Memang alasan yang bodoh tetapi judul yang menarik jg bisa membantu seseorang memutuskan untuk membeli atau tidak. Akhirnya saya membeli game ini karena ada diskon di steam yang cukup besar, tapi siapa sangka saya menemukan hidden treasure di game ini.

Screenshot 2014-02-14 13.26.15

Hidden treasure yang saya maksud adalah betapa adiktifnya game ini setidaknya untuk saya pribadi. Saya tumbuh dengan memainkan game strategi seperti Command & Conquer, Star Craft, War Craft, dll. Tetapi jangan bandingkan Wargame: Airland Battle dengan RTS seperti diatas, karena bagi saya Wargame: Airland Battle ini betul-betul realistis. Kalian yang pernah mencoba Red Alert 2 atau Star Craft pasti tahu kalau jarak tembak unit kavaleri seperti Tank amatlah dekat di game tersebut, dan amat jarang kita menemui unit support seperti artileri. Tetapi tidak di game ini, kalian akan benar-benar merasa menjadi komandan perang karena jarak tembak dari sebuah unit harus betul-betul diperhatikan.

Gameplay Yang Realistis

Screenshot 2014-02-13 19.45.31

Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa jarak tembak sebuah unit ke unit lain betul-betul harus diperhatikan atau kalian tidak dapat menyerang musuh. Misalnya saya ingin menyerang tank musuh yang ada di objective Bravo sedangkan markas saya ada di objective golf yang jaraknya cukup jauh berarti tidak efektif jika saya memerintahkan unit infantry untuk menyerang karena mereka harus jalan dulu kesana. Maka akan lebih efektif jika menggunakan Artileri. Hal seperti ini yang saya inginkan dari sebuah strategy game. Dan di game ini tidak ada yang namanya menambang untuk membuat tank atau membangung bangunan. Disini kalian akan diberikan deployment points yang dapat digunakan untuk mengirim pasukan, jadi harus dipilih dengan baik unit apa yang akan kalian kirim. Dan per unit akan ada batasnya, misalnya saya sedang menggunakan batalion infantry maka unit yang paling banyak adalah unit infantry dan vehicle. Bisa dibilang ini adalah penggabungan game strategi, dan taktik.

Multiplayer Yang Aktif

Screenshot 2014-02-12 07.48.47

Banyak yang bilang bahwa inti dari Wargame: Airland Battle adalah multiplayer-nya. Saya setuju dengan pendapat tersebut karena begitu kalian login kedalam game ini anda langsung dapat melihat chatroom dari berbagai komunitas dan dapat disimpulkan bahwa memang komunitas multiplayer Wargame: Airland Battle ini sangat aktif. Tapi jangan khawatir buat anda yang baru memulai sebaiknya bermain solo dulu untuk mengasah kemampuan anda dalam game ini.

Grafis & Sound

Screenshot 2014-02-12 12.56.31

Dari segi grafis & sound memang tidak terlalu hebat, bahkan saat saya memainkan game ini dengan VGA GTX 760 dan VGA GTX 650Ti tidak terlalu banyak perubahan dari sisi grafis. Sound dan musik yang ada didalam game ini juga terkesan biasa saja. Tapi bukan berarti ini sesuatu yang jelek, justru menurut saya ini berarti game ini tidak membutuhkan komputer yang mahal untuk memainkannya. Karena inti dari game ini terletak di gameplay.

Kesimpulan

Screenshot 2014-02-13 17.15.36

Dengan harga yang ditawarkan yaitu $19.99 (Sekitar Rp 220.000), Wargame: Airland Battle merupakan salah satu game strategi yang wajib dimiliki apalagi jika anda penggemar perang dengan teknologi modern. Banyaknya unit yang ada didalam game ini merupakan keunggulan yang jarang saya temui di game lain. Tetapi jika boleh mengomentari, sayangnya tidak ada pertempuran di laut di game ini. Tetapi tidak jadi masalah karena gameplay yang ditawarkan betul-betul luar biasa dan membuat kita merasa menjadi seorang commander.

Hello again junkers!! Di Treasured Junk review kali ini saya ingin membahas mengenai game strategi yang menurut saya keren banget. Agak berbeda dari game strategi yang pernah saya mainkan sebelumnya. Walaupun saya memang bukan pecinta game strategi, tetapi saya cukup ketagihan memainkan game ini. Game itu bernama Wargame: Airland Battle. Sejujurnya…

Review Overview

Gameplay
Grafis
Sound
Price

Hidden Treasure

Wargame Airland Battle merupakan game strategi yang amat realistis dan cocok bagi pecinta game perang dengan teknologi yang modern

User Rating: 3.9 ( 1 votes)
78

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 3 =