Slender: The Arrival – Quick Review

    Ingat Slender Man? Karakter antagonis di game Slender: The Eight Pages yang pernah kami review? Kalau masih belum ingat, silakan baca Slender: The Eight Pages - Quick Review dari Treasured Junk. Bukan, bukan.. Game ini bukanlah game yang sama seperti itu. Kalau dilihat dari screenshot-nya, seharusnya ini adalah…

Review Overview

Gameplay
Grafis
Sound
Harga

Treasured Junk

Para veteran Slender: The Eight Pages akan menemukan petualangan baru yang dapat dijalani, dan akan mendapatkan jalan cerita untuk mendukung gameplay-nya yang unik.

User Rating: 4.03 ( 2 votes)
69

 

 

16800-1

Ingat Slender Man? Karakter antagonis di game Slender: The Eight Pages yang pernah kami review? Kalau masih belum ingat, silakan baca Slender: The Eight Pages – Quick Review dari Treasured Junk. Bukan, bukan.. Game ini bukanlah game yang sama seperti itu. Kalau dilihat dari screenshot-nya, seharusnya ini adalah game adventure dengan latar alam yang indah dan memanjakan indera penglihatan kita.

2
Kita datang dengan mobil offroad ke alam bebas..
1
Menyegarkan diri dengan menghirup udara segar jauh dari perkotaan..
4
Menyaksikan matahari terbenam di antara pegunungan..
This should be a beautiful adventure game, right? Right…?

 

 

0
WRONG!!!

 

Slender: The Arrival – Gameplay

Game ini tetap dengan konsep awalnya, yaitu menimbulkan ketakutan yang murni dari kesendirian dan ketidakpastian. Player seperti biasa, akan bermain sendiri, tanpa teman, tanpa NPCs, tanpa senjata, tanpa peralatan tambahan dan tanpa skill khusus seperti layaknya tokoh protagonis di game-game survival lainnya. Player hanya dibekali dengan sebuah senter, kemampuan untuk berlari – pada game ini karakter kita dapat berlari dengan lebih cepat dan lebih lama daripada di prekuelnya – dan kemampuan baru yang menurut saya tidak terlalu berarti, yaitu menunduk. Interaksi dengan lingkungan cukup dilakukan dengan klik kiri dan kanan dari mouse player.

Satu hal pada Slender: The Arrival (S:TA) yang membuatnya berbeda dari prekuelnya adalah jalan cerita. Sebenarnya game ini bukan merupakan sekuel dari Slender: The Eight Pages (S:TEP), tapi lebih seperti expansion dari game pertamanya. Karena petualangan player di S:TEP adalah hanya salah satu misi yang harus diselesaikan player di game S:TA. Misi itu adalah salah satu penyusun jalan cerita dari keseluruhan 5 misi berkelanjutan yang harus dilewati player untuk menyelesaikan game ini. Jalan cerita dimulai saat player mengendarai mobil untuk mengunjungi seorang teman yang memiliki rumah di pinggir hutan (pilihan buruk untuk sebuah tempat tinggal, kan?). Player sampai di rumah tersebut dengan kenyataan bahwa sang teman yang bernama Kate sudah menghilang. Dari titik itulah player akan memulai petualangan untuk mencari Kate, yang ternyata sedang lari dari kejaran sang Slender Man.

7
Hai, itu aku.. 🙂

Player akan berjalan melewati pepohonan di dalam hutan, lalu akan ada misi yang dijalani di dalam sebuah tambang yang sudah ditinggalkan. Di dalam tambang tersebut tidak akan ada Slender Man, tapi akan ada anak buahnya yang siap menggagalkan misi player, The Chaser. Misi player di tambang itu adalah untuk menghidupkan 6 buah generator untuk mengaktifkan sebuah elevator yang menuju ke atas bukit. Terdengar cukup mudah? Silakan dicoba. Untuk misi-misi lainnya akan saya serahkan kepada player untuk membuka dan memainkannya. Karena quick review ini bisa berubah jadi walkthrough kalau saya teruskan. 😀

Senter ituuuu membunuhkuuuuu...
Senter ituuuu membunuhkuuuuu…

Dalam perjalanan player untuk mencari keberadaan Kate, player akan menemukan banyak petunjuk dan dokumen-dokumen yang dapat dikumpulkan. Dari petunjuk-petunjuk tersebut akan dapat membangun suatu cerita kenapa Kate menghilang, dan ada apa sebenarnya dengan Slender Man ini. Petunjuk yang ada bukan hanya tersebar sebagai lembaran-lembaran kertas atau dokumen, tapi ada juga tulisan-tulisan kasar yang dicoret di dinding rumah atau di dinding gua.

5
Kalau sempat menulis sebanyak itu, kenapa nggak lari ajaaa..?!

Seperti pada game sebelumnya, pada saat merasa ketakutan saya dengan refleks yang sangat baik akan segera menekan tombol Escape untuk menghentikan game dan mengistirahatkan jantung sejenak. Setelah merasa tenang baru saya lanjutkan petualangannya lagi.

3
Panic Button!

Dan pada suatu titik tertentu di dalam game, ada saat di mana player tidak akan dapat menggunakan tombol Escape untuk melakukan Pause pada game. Dan pada saat-saat seperti itulah, saya mendapatkan 2 buah achievement yang tidak saya sangka-sangka.

Achievement
Ini bukti kalau saya sudah tamat.. Walau agak memalukan.
Saya tidak percaya kalau saya dapat menekan tombol Escape 50 kali berturut-turut secepat itu.. :O

Untuk ending pada game Slender: The Arrival ini lebih memuaskan daripada game sebelumnya. Ada beberapa ending untuk masing-masing tingkat kesulitan yang dipilih oleh player. Saya baru menyelesaikan game ini dengan ending Normal. Masih ada waktu istirahat sebelum mencoba menyelesaikan Hardcore mode. Untuk game yang saya mainkan, saya mendapatkan extended ending hanya karena saya mendapatkan game ini dari Steam.

Slender: The Arrival – Grafis dan Sound

Keindahan visual yang ditampilkan oleh S:TA sangat jauh lebih baik daripada pendahulunya. Untuk para pengguna PC high-end, player dapat menaikkan setting grafis hingga full dan mendapatkan pengalaman visual yang mantap. Detail pepohonan, rumput, pegunungan, batu, dan bangunan dikerjakan dengan rapi untuk meyakinkan player bahwa pengalaman yang ada cukup nyata untuk dijalani.

Pada sisi sound, baik suara latar maupun suara glitch yang akan didengar player menurut saya tetap sama berkualitasnya dengan game sebelumnya. Dan jangan mengharapkan suara vokal dialog, karena tidak ada karakter yang akan diajak berdialog di game ini.

Kesimpulan

Untuk penggemar game horor, silakan dapatkan dan alami petualangan menakutkan dari game Slender: The Arrival ini. Saya sarankan dapatkan game ini dari Steam untuk menyaksikan ending tambahannya. Para veteran Slender: The Eight Pages akan menemukan petualangan baru yang dapat dijalani, dan akan mendapatkan jalan cerita untuk mendukung gameplay-nya yang unik. Dengan harga normal 9.99USD, game ini bukanlah game yang paling mengesankan di kelasnya, tapi merupakan game yang WAJIB didapatkan pada saat SALE! 😀

One comment

  1. Very informative article, i’m regular reader of your website.
    I noticed that your site is outranked by many other websites in google’s search results.
    You deserve to be in top-10. I know what can help you, search in google for:
    Omond’s tips outsource the work

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − two =