R/C Helicopter WLtoys V911 Pro – Quick Review

Hello Junkers! Kita bertemu lagi dalam sesi quick review dari Treasured Junk, tapi kali ini quick review-nya agak berbeda dari yang biasanya. Kalau biasanya kita sering membahas tentang game-game yang sedang hot, yang akan hot atau yang sudah nggak hot sama sekali, sekarang kita akan membahas tentang salah satu hobby yang susah-susah gampang. Yep, radio controlled helicopter!

Treasured Junk pada akhirnya mendapat kesempatan untuk menjajal salah satu R/C heli walaupun hanya sebuah heli dengan ukuran micro (micro dalam konteks ukuran hobby tersebut). Micro dalam hal ini tetap saja berdimensi sekitar 22cm x 19cm x 8cm, karena memang dalam hobby R/C masih ada lagi kendaraan-kendaraan miniatur yang berukuran cukup besar.

IMG-20151107-WA0007

In The Box – WLtoys V911 Pro

R/C Heli yang dijajal oleh Treasured Junk adalah WLtoys V911 Pro. V911 Pro ini dirilis sekitar tahun 2013 untuk memperbaiki beberapa kekurangan yang ada pada generasi sebelumnya yaitu V911 yang dirilis pada tahun 2011. Yuk kita lihat ada apa saja di dalam paket V911 Pro ini:

  • 1x V911 Pro, 4 Channel, Fixed Pitch Helicopter
  • 1x 2.4GHz Transmitter (Tx)
  • 1x USB powered Battery Charger (2 slots)
  • 2x 3.7v 175 mAh Li-Po Batteries
  • 2x Spare Main Blades
  • 1x Spare Tail Rotor
  • 1x Instruction Manual

IMG-20151107-WA0008

Heli Pemula

Tertulis pada kemasan dan buku manual, bahwa heli ini adalah heli dengan 4 channel, apa maksudnya? Heli dengan 4 channel adalah heli yang mempunyai kemampuan untuk bergerak sebanyak 4 jenis gerakan yaitu gerakan ke atas dan bawah (lift), gerakan maju dan mundur (pitch), gerakan kiri dan kanan (roll), dan gerakan memutar kiri dan kanan (yaw).

Di pasaran tersedia beberapa macam heli dengan jumlah channel yang berbeda-beda, seperti 2 channel, 3 channel, 4 channel dan 6 channel. Semakin banyak channel yang dimiliki, maka akan semakin bervariasi gerakan yang dapat dilakukan dan semakin tinggi pula tingkat kesulitan menerbangkan heli tersebut. Namun untuk pemula walaupun dapat memilih antara 2 – 4 channel, sebaiknya memilih heli dengan 4 channel karena untuk naik tingkat ke level berikutnya akan lebih terbiasa daripada kalau belajar menggunakan 2 atau 3 channel.

WLtoys V911 Pro ini disebut-sebut sebagai heli yang sangat baik untuk pemula. Kenapa? Karena dari segi harga yang tidak begitu mahal, material yang sangat kuat, 4 channel yang disediakan, stabilitas heli yang cukup baik dan spare parts yang banyak tersedia dengan harga terjangkau. Spare parts yang banyak tersedia menjadi faktor penting bagi para pemula, karena pada awal-awal karir sebagai “pilot” pasti akan membutuhkan banyak reparasi dan spare parts sebagai hasil dari crash landings. 😀

Selain dari faktor-faktor di atas, V911 Pro ini juga baik untuk pemula karena menggunakan sistem flybar pada rotornya. Flybar adalah sebuah batang kecil dengan pemberat (atau dayung pada beberapa model) yang diposisikan di atas atau di bawah rotor heli dengan tujuan untuk menjaga stabilitas pada saat sebuah heli selesai melakukan suatu manuver. Maka itu heli ini menjadi stabil dan cocok untuk pemula belajar mengenai orientasi dan manuver R/C heli.

Versi Perbaikan

Di atas sudah dibahas bahwa heli ini adalah versi perbaikan dari heli generasi sebelumnya. Apa saja yang ditingkatkan?

IMG-20151107-WA0013

  • Canopy – Canopy dari heli ini dibuat lebih ringan daripada versi sebelumnya. Hal ini tetap tidak mengurangi kekuatan canopy pada saat crash dan tetap berfungsi sebagai pelindung alat-alat elektronik yang ada di frame V911 Pro. Hal ini sudah saya buktikan dengan puluhan kali crash pada saat belajar menerbangkan.
  • Frame – WLtoys memperbarui frame dari heli ini sehingga menambah kekuatan dan rigiditas frame.
  • Landing Skids – Pada versi sebelumnya landing skids yang disertakan sangat tipis dan gampang patah, maka WLtoys memberikan perbaruan pada bagian ini. Cocok untuk n00b seperti saya yang belum bisa mendarat dengan lembut.
  • Baterai – Baterai yang diberikan sebanyak 2 buah Li-Po 175 mAh. Hal ini sangat bagus karena kapasitas baterai yang bertambah berarti waktu terbang yang bertambah. Pada versi sebelumnya diberikan baterai dengan kapasitas 120 – 150 mAh dengan waktu terbang sekitar 4-5 menit. Walaupun tidak bertambah secara signifikan, tetap saja ini berarti waktu bersenang-senang dengan V911 Pro akan bertambah beberapa puluh detik.

Perbaikan-perbaikan tersebut membuat heli yang pada versi awalnya sudah cocok untuk diterbangkan pemula, menjadi sangat cocok untuk diterbangkan pemula. Lecet-lecet sudah saya dapatkan di canopy karena crash yang sangat sering. Ternyata menerbangkan R/C heli tidak sama dengan mengendarai R/C mobil. Sama sekali berbeda.

Transmitter

Transmitter yang disertakan oleh WLtoys pada paket Ready-to-Fly (RTF) ini tidak begitu luar biasa. Malah terasa seperti transmitter mainan, karena body yang glossy, bentuk yang simple, dan tidak tersedia carry handle untuk kemudahan membawa. LED merah di body depan semakin menambah kesan mainan pada transmitter ini.

IMG-20151107-WA0014

Tapi dari segi fungsi, transmitter bawaan ini sangat mumpuni. Tersedia stick kanan dan kiri, dengan panjang yang cukup sehingga dapat digunakan oleh user yang menggunakan teknik thumb atau teknik pinch dalam mengendarai. Feedback dari stick juga lembut, tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan.

Frekuensi 2.4GHz sangat cukup untuk binding dengan R/C vehicle kita tanpa mengganggu frekuensi para R/Cers yang lain.

Tombol-tombol trim yang disediakan lengkap sebanyak 4 buah, masing-masing untuk melakukan trim terhadap lift, pitch, roll dan yaw.

Yang mengurangi kadar “mainan”-nya adalah disematkannya LCD display kecil di bagian tengah bawah yang memberikan informasi mengenai kapasitas baterai transmitter, flight rate, putaran propeller, kecepatan propeller, dan cyclic level yang kita berikan pada stick kanan. Display ini dipercantik dengan penerangan LED berwarna biru yang tidak membuat mata sakit pada waktu malam.

Secara keseluruhan, transmitter ini adalah transmitter yang baik, dengan mengesampingkan bentuknya yang agak seperti toy-grade transmitter.

Karakteristik Terbang

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, saya adalah seorang n00b dalam hal R/C heli, maka penerbangan yang saya lakukan kebanyakan berakhir dengan crash. Mungkin sudah 20 kali lebih si V911 Pro mengalami crash di tangan saya yang tidak bertanggung jawab. 😀

IMG-20151107-WA0010

Tapi sebagai pemula, memang saya rasakan bahwa heli ini adalah heli yang stabil. Menurut saya V911 Pro adalah heli yang sangat cocok untuk user yang sudah bosan mengendalikan heli 2 channel atau 3 channel atau heli coaxial dan ingin naik tingkat ke heli dengan single rotor dan mempunyai 4 channel.

Respon heli terhadap input yang dilakukan pada transmitter terasa sangat jinak, hal ini adalah hasil kontribusi dari sang flybar yang bertengger di atas rotor yang bertugas memberikan stabilitas dalam penerbangan. Jadi setelah lulus mengendalikan heli ini, sepertinya user baru akan berangkat ke level yang lebih tinggi dengan tingkat respon heli yang lebih agresif dan manuver yang lebih lincah.

User pemula seperti saya, pada awalnya pasti akan memberikan input yang berlebih pada stick transmitter, dan pada saat heli merespon dengan gerakan yang sedikit agresif, user akan melakukan koreksi yang lagi-lagi terlalu berlebih, sehingga mengakibatkan heli bergerak lebih agresif lagi dan akhirnya akan mengakibatkan crash. Maka itu setelah beberapa kali melakukan penerbangan dan crash, yang saya pelajari adalah stick management untuk manuver hovering dan yaw. Masih banyak hal yang harus saya pelajari lagi sampai pada saatnya dapat memberikan review yang lebih dalam mengenai R/C heli.

Kesimpulan

IMG-20151107-WA0005

Sampai di sini dulu perjumpaan kita dengan R/C heli V911 Pro. Saya tetap akan berlatih untuk mengendalikan si “Sky Walker” sampai dapat terbang tanpa crash. Bagi Junkers yang tertarik untuk mendapatkan R/C heli, baik untuk pemula yang baru ingin mengenal atau bagi user yang sudah expert, Treasured Junk membeli V911 Pro ini dari PlanetHeli.com dengan harga sekitar Rp450.000 (diluar ongkos kirim).

Akhir kata, V911 Pro ini adalah heli yang cocok untuk para pemula dengan material yang baik dan sangat kuat, harga yang terjangkau, spare parts yang tersedia banyak, 4 channel, single rotor dan model yang keren.

Happy weekend and happy flying! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 5 =