R/C Helicopter WLtoys V911-1 – Quick Review

Hello Junkers! Bertemu lagi di sesi quick review dari Treasured Junk. Di quick review kali ini lagi-lagi kita akan membahas tentang radio control helicopter. Yah mungkin saya sedang demam benda terbang yang bisa dikontrol pakai remote, jadi benda-benda kayak gitu deh yang masuk ke review Treasured Junk. 😀

RC heli yang akan kita bahas sekarang tidak jauh beda dengan bahasan di quick review sebelumnya, karena heli ini sebetulnya adalah edisi revisi pertama dari V911, yaitu WLtoys V911-1. Apa bedanya dengan V911 versi original? Perbedaannya adalah di versi V911-1 ini sudah menggunakan konektor baterai yang baru yang sama dengan versi v911-Pro, jadi bisa menggunakan baterai Li-Po versi yang baru juga. Selain itu, transmitter yang digunakan juga jauh berbeda daripada V911-Pro maupun versi originalnya.

RC heli V911-1 ini Treasured Junk dapatkan dari online shop Toko-Hobby (www.toko-hobby.com). Mereka memberikan pelayanan yang cepat dan ramah. Barang yang dikirim pun sesuai dengan pesanan dan tanpa cacat. Harga lebih mahal sedikit daripada V911-Pro di kisaran angka Rp525.000 (pada November 2015) di luar ongkos kirim, tetapi setelah merasakan transmitter baru yang disertakan, harga itu terasa sangat pas dengan kualitasnya.

In the Box – V911-1

photo 8
A strong game indeed!

Kemasan dari WLtoys V911-1 ini menurut saya lebih menarik dan lebih rapi daripada kemasan yang digunakan pada versi V911-Pro. Kemasan kardus luar terlihat lebih kompak dengan dimensi lebih kecil dan berhias grafis berwarna yang menarik yang menampilkan gambar produk-produk WLtoys. Di dalamnya terdapat tiga kotak yang lebih kecil yang masing-masing berisi Transmitter, Helicopter V911-1 dan komponen pendukung.

photo 1
Neatly packed little boxes

Apa saja yang ada di dalam kemasan tersebut? Berikut adalah isinya:

  • 1x V911-1, 4 Channel, Fixed Pitch Helicopter
  • 1x 2.4GHz Big Switchable Transmitter
  • 1x USB powered Battery Charger (2 slots)
  • 2x 3.7v 200 mAh Li-Po Batteries
  • 2x Spare Main Blades
  • 1x Spare Tail Rotor
  • 1x Instruction Manual
photo 4
Everything in the box

Desain – V911-1

Dari segi desain, V911-1 ini tidak jauh berbeda dengan versi Pro, perbedaan hanya terdapat di landing skid, canopy, dan frame.  Selain dari itu, komponen-komponen lainnya adalah komponen yang sama yang digunakan pada V911-Pro atau V911 Original. Bagi saya, perbedaan tersebut tidak begitu mempengaruhi karakteristik terbang dari heli ini karena secara keseluruhan, bentuk, ukuran dan desainnya mirip.

photo 6
V911-1
IMG-20151107-WA0013
V911-Pro

Baterai – V911-1

Salah satu kejutan yang saya terima pada saat melakukan unboxing paket ini adalah, kedua buah baterai yang disertakan mempunyai kapasitas 200 mAh! Sedangkan yang tertulis pada detail produk di website adalah 120 mAh. Mungkin detail produk yang digunakan masih menggunakan detail lama yang diberikan oleh WLtoys, sedangkan produknya sendiri sudah diperbarui.

Pada paket V911-Pro yang sebelumnya saya review masih menyertakan dua buah baterai Li-Po dengan kapasitas 175 mAh. Berarti waktu terbang dengan heli ini akan bertambah lagi.

Setelah diuji coba, dengan baterai 175 mAh V911-1 bisa terbang selama sekitar 5 menit sampai daya angkatnya menurun. Dengan baterai baru 200 mAh ini, heli dapat terbang selama sekitar 6,5 menit. Terlihat dari angkanya mungkin bukan suatu perubahan yang signifikan, tetapi dari pengalaman menerbangkan RC, tambahan sekitar 1 menit adalah sesuatu yang mewah. 😀

Karakteristik Terbang – V911-1

Karakteristik V911-1 di udara tidak jauh berbeda dengan V911-Pro, karena keduanya adalah heli yang sama yaitu single-rotor, fixed pitch, flybarred, dengan 4 channel. Karena ini adalah heli kedua saya setelah V911-Pro, maka skill saya dalam menerbangkan sudah sedikit membaik. Frekuensi crash yang dialami sudah sedikit menurun maka komponen elektronik dan mekanik dari heli ini lumayan tidak terganggu seperti V911-Pro yang sudah puluhan kali mengalami crash.

Daya angkat dari V911-1 agak sedikit lebih kuat, kemungkinan karena beberapa komponen yang tersemat mempunyai bobot yang lebih ringan daripada V911-Pro. Reaksi heli terhadap input controller masih tetap jinak dan tidak berlebihan, bahkan pada High rate (H – pada controller). Yaw rate (gerakan memutar kiri atau kanan) sama lincahnya dengan V911-Pro, bahkan lebih cepat pada High rate. Jadi lebih mudah untuk melakukan gerakan circuit atau funnel tanpa harus memberikan input yang berlebih.

Tetap bagi saya heli ini sangat cocok untuk pemula. Mungkin memang harus diterbangkan pada area yang lebih luas, karena walaupun berukuran kecil, heli ini mampu bergerak dengan sangat cepat dan sangat mudah bagi pemula untuk terlambat memberikan counter pada gerakan heli.

Transmitter – V911-1

photo 7
New transmitter!
IMG-20151107-WA0014
Old transmitter

Ini dia kejutan utama dari paket Ready to Fly (RTF) V911-1. Transmitter dengan ukuran besar dengan stick yang dapat ditukar fungsinya. Transmitter ini adalah suatu pembaruan yang sangat signifikan daripada versi RTF V911 aupun V911-Pro, karena transmitter ini berukuran selayaknya transmitter hobby-grade dan tidak lagi terlihat seperti transmitter mainan. Selain itu, stick yang terdapat di transmitter ini sangat lembut dan nyaman digunakan, dengan kelenturan yang merata di setiap posisi stick tidak seperti transmitter V911-Pro yang kelenturannya agak seperti karet dan bukan per.

Gerakan heli pun menjadi semakin baik dengan transmitter ini, karena resolusi stick yang lebih tinggi, jadi pilot dapat memberikan input yang cukup tanpa reaksi heli yang berlebihan.

Feature yang pasti diterima oleh hobbyist RC adalah kemampuan transmitter untuk menukar fungsi stick kanan dan kiri (Mode 1 dan Mode 2 – throttle dan cyclic functions). Karena tidak semua RC hobbyist memiliki selera yang sama dalam hal posisi kontrol. LCD screen persis seperti versi lama, hanya warna backlight-nya adalah putih dan bukan biru.

Secara keseluruhan, transmitter ini adalah nilai paling tinggi di dalam paket RTF kali ini. Sangat memuaskan!

Kesimpulan

photo 5

Untuk para RC heli n00bs, V911-1 ini sangat cocok untuk menjadi bahan latihan orientasi dan stick management. Apalagi dengan transmitter yang kualitasnya jauh membaik. Dengan spareparts yang tersedia banyak untuk keluarga V911, kita juga tidak perlu bingung apabila ada komponen yang rusak karena kebanyakan crash. 😀

Sampai jumpa lagi di quick review berikutnya, Happy Flying!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 4 =