Monument Valley, Petualangan di dunia ilusi

Sebuah pengalaman magical. Itu yang dikatakan oleh teman saya yang merekomendasikan game ini. Saya sendiri bukanlah sebuah pecinta game berjenis puzzle seperti Monument Valley ini. Tetapi saya mencoba untuk memainkannya karena rekomendasi teman dan juga membaca beberapa review yang sepertinya menarik juga. Memang Monument Valley bukanlah game baru rilis, tetapi setelah saya memainkannya saya memutuskan untuk membuat artikel tentang game yang fenomenal ini.

MV_20141102_203518

Monument Valley merupakan game buatan Ustwo, sebuah developer yang berbasis di United Kingdom. Game ini bisa dibilang merupakan game puzzle dengan ilusi optik, yang mungin awalnya akan membuat kepala pusing. Monument Valley dimulai saat si Silent Princess Ida memulai petualangannya dan tugas player adalah menuntun Ida selama perjalanannya. Di perjalanan Ida akan menemui puzzle-puzzle, dan juga akan menemui halangan dari sejenis burung gagak yang disebut oleh sang developer adalah enigmatic crow people.

MV_20141102_203443

Memainkan game ini tidak ada petunjuk sama sekali, anda hanya perlu mencoba-coba sendiri. Berbagai elemen yang ada disetiap level ada kemungkinan dapat digerakan dengan cara-cara tertentu, dan terkadang anda dapat menemukan hal baru saat mencoba-coba. Ini bagi saya merupakan cara yang menarik untuk memainkan sebuah game. Dari sisi gameplay memang sebenarnya simpel, tapi yang membuat ini menarik adalah grafis dan ilusi optik yang dibuat dengan amat baik. Sayangnya menurut saya level yang ada disini termasuk sedikit. Ustwo hanya memberikan 10 level untuk player. Memang 10 level itu sangat sedikit untuk hardcore gamer, tetapi ini mungkin karena Ustwo ingin agar game ini bisa juga dinikmati oleh casual gamer.

MV_20141102_203210

Game ini memiliki fitur menarik yaitu anda akan dengan mudah untuk mengambil screenshot karena sang deveoper menyediakan tombol kamera yang berfungsi untuk mengambil screenshot. Bahkan dalam mode screenshot anda dapat Zoom fotonya dan memang tidak akan pecah karena dibuat High Quality oleh sang developer. Makanya jangan heran, walaupun hanya memiliki 10 level tetapi game ini memiliki ukuran yang cukup besar.

Screenshot_2014-11-02-20-32-29

Dengan harga Rp 45.000,- mungkin masih banyak gamer yang berpikir untuk tidak membelinya, tetapi menurut saya ini adalah pengalaman yang jarang anda dapatkan dengan game lain, apalagi mobile game. 10 Level yang mungkin terlalu sedikit akan terbayarkan dengan kualitas grafis dan pengalaman yang anda dapatkan saat menuntun Ida ke tujuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + ten =