Logitech G300, Gaming Mouse Powerful Dengan Harga Terjangkau

IMG_20140903_151505

Logitech memang mulai tampak serius menjajaki pasar gaming. Hal ini bisa dilihat dari brand G Series yang sekarang memiliki logo sendiri untuk membedakanya dengna seri Logitech yang lain. Mouse yang akan saya review ini mungkin bukanlah mouse terbaru keluaran Logitech, tetapi G300 merupakan mouse dengan perbandingan harga dan performa terbaik dikelasnya. dengan range harga Rp 250.000 – 350.000, G300 dapat menunjukan taringnya untuk menjadi salah satu gaming mouse dikelasnya. Sebelum saya memulai review bagi saya mouse adalah hal terpenting dalam mendapatkan gaming experience yang terbaik, tentunya setelah memiliki PC yang mumpuni. Karenanya sudah cukup banyak saya mencoba gaming mouse, berbagai brand seperti A4 Tech, Razer, Roccat, dan Logitech sudah saya coba dan memang preferensi saya lebih condong ke Logitech. Saya tidak mengatakan brand lain lebih buruk, kembali lagi ini adalah masalah preferensi. Produk Logitech dikenal dengan build quality yang bagus dan memiliki sensor yang bagus untuk urusan mouse. dan Logitech G300 memiliki keduanya.

Grip

Dengan ukurannya yang cukup kecil, G300 mungkin akan kurang terasa enak untuk anda yang memiliki tangan yang besar. Saya pribadi merupakan pengguna Palm Grip karena ukuran tangan saya yang cukup besar, tetapi cukup mudah bagi saya untuk segera beradaptasi dengan G300. Pada dasarnya memang G300 akan cocok untuk anda yang lebih suka Claw Grip, tetapi itu bukan masalah besar karena persoalan grip memang kembali ke diri masing-masing, karena itu ada baiknya jika anda mencoba dahulu sebelum membeli.

Fitur

Apakah anda membutuhkan banyak macro?  Logitech G300 memiliki 9 tombol macro yang dapat disetting ulang dengan menggunakan Logitech Gaming Software. Jika 9 tombol macro kurang banyak bagi anda, mungkin G300 bukan pilihan yang tepat, tetapi saya pribadi adalah orang yang tidak suka dengan tombol macro yang banyak karena itu 9 tombol macro sudah lebih cukup banyak bagi saya. hanya saja tombol-tombol tersebut cukup sulit dijangkau dan bisa dibilang hanya 6 tombol yang mudah dijangkau dan 2 diantaranya berfungsi untuk mengganti DPI dan profile. Selain itu G300 juga menawarkan 3 profile berbeda yang dapat dipindahkan dengan mudah dengan tombol dibawah scroll. Masing-masing profile memiliki warna yang berbeda, profile 1 warna merah, profile 2 warna biru, dan profile 3 warna hijau. Ini akan memudahkan anda untuk mengingat profile mana yang anda gunakan sekarang. Masing-masing profile memiliki DPI changer tersendiri dan dapat diset mulai dari 200 – 2500 DPI. G300 juga memiliki on board memory unit sehingga settingan profile anda akan ikut dengan G300 kemanapun anda pergi.

Build Quality

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa Logitech G Series memiliki build yang bagus, dan memang itu yang nampak di G300. Sebuah hasil yang solid dan kuat pada sebuah mouse. Mungkin kekurangannya hanyalah tidak menggunakan braided cable seperti yang digunakan pada mouse kelas atas lainnya, tetapi hal itu bukan sebuah masalah serius mengingat ketahanan produk Logitech. Selain solidnya kualitas, garansi yang diberikan selama 3 tahun seolah menunjukan bahwa mereka tidak main-main dengan ketahanan G300.

Kesimpulan

G300 mungkin bukan termasuk jajaran mouse premium yang beredar dipasaran, tetapi dengan harga yang ditawarkan rasanya performa yang ditawarkan sudah melebihi harga dari G300 itu sendiri. Kualitas yang bagus serta sensor yang bagus sudah cukup untuk mendampingi game-game anda. Hanya saja kekurangan yang bisa saya simpulkan adalah tombol macro yang cukup sulit dijangkau, ukurannya yang relatif kecil, dan tanpa braided cable. Tetapi kembali lagi hal itu merupakan preferensi masing-masing orang. Bisa saja kekurangan tersebut justru yang anda cari.

Logitech memang mulai tampak serius menjajaki pasar gaming. Hal ini bisa dilihat dari brand G Series yang sekarang memiliki logo sendiri untuk membedakanya dengna seri Logitech yang lain. Mouse yang akan saya review ini mungkin bukanlah mouse terbaru keluaran Logitech, tetapi G300 merupakan mouse dengan perbandingan harga dan performa terbaik dikelasnya.…

Review Overview

Build Quality
Fitur
Grip
Harga

80

Logiotech G300 adalah sebuah mouse dikisaran harga $30 yang mempunyai kualitas dan performa yang menjadikannya salah satu yang terbaik dikelasnya.

User Rating: Be the first one !
83

2 comments

  1. g300 ini bisa diisi seperti script untuk x7 gak gan? soale mo migrasi ke g300 nih….makasih sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 3 =