Lini Baru Microsoft Surface Yang Menjanjikan

Sejak kemunculan Microsoft Surface generasi pertama, gagasan mengenai tablet yang dapat bekerja layaknya sebuah desktop memang mengundang minat banyak orang. Akan tetapi sejauh ini konsep keren itu hanya sebuah konsep, karena kenyataannya belum ada hybrid laptop dan tablet yang mampu memuaskan konsumen. Entah spesifikasi hardware yang kurang, penggunaan keyboard yang tidak nyaman, atau layar yang kurang bagus, semua itu menjadi alasan para konsumen masih kurang berminat terhadap konsep ini. Microsoft baru-baru ini merilis lini terbaru untuk lini hybrid laptop – tablet mereka. Dua produk langsung dirilis secara bersamaan oleh Microsoft untuk lini surface di tahun ini. Dua produk tersebut adalah Microsoft Surface Pro 4, dan Microsot Surface Book. Apakah kedua produk ini mampu bersaing?

Microsoft Surface Pro 4

Surface-Pro-4-1024x576

Microsoft Surface Pro memang menjadi kasta tertinggi sebelum diluncurkannya Microsoft Surface Book, Surface Pro menjanjikan spesifikasi yang gahar dengan sistem yang portable. Akan tetapi seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa masih banyak kekurangan yang dirasakan oleh konsumen untuk produk ini dan dibeberapa review menyebutkan agak canggung dengan Surface Pro 3. Tampaknya Microsoft mendengarkan keluhan konsumen ini dan hadir dengan banyak perbaikan di Surface Pro 4. Perubahan pertama tampak di layar dengan resolusi 2,736 x 1,824 di layar sebesar 12,3″ dengan pixel density sebesar 267 ppi. Beberapa reviewer luar negeri mengatakan bahwa layar ini jauh berbeda dan lebih terang dibanding dengan versi sebelumnya, terlihat juga pantulan cahaya yang di surface pro 3 tampak sangat jelas sudah hilang di surface pro 4 walaupun tidak sepenuhnya. Untuk spesifikasi Microsoft menyediakan banyak tipe konfigurasi untuk konsumen mulai dari processor Intel Core M3, Intel Core i5, dan Intel Core i7 untuk cpu. 4 GB Ram sampai 16 GB Ram untuk memory, dan juga beragam pilihan konfigurasi untuk SSD. Selain itu keyboard baru dari Microsoft Surface Pro 4 juga mengalami perbaikan dan enaknya lagi Keyboard Surface Pro 4 dijual terpisah dan dapat digunakan di Surface Pro 3 juga.

Microsoft Surface Book

Surface-Book2-1024x575

Ini dia yang menjadi headline Microsoft kali ini. Microsoft Surface Book adalah Laptop pertama produksi Microsoft. Laptop? ya Laptop, bentuk seperti layaknya Laptop yanng umum ada dipasaran tetapi layarnya seperti layaknya lini Surface lainnya dapat dicopot menjadi sebuah tablet, atau Microsoft menyebutnya clipboard mode. Surface Book menjanjikan performance layaknya Laptop premium dengan portabilitas pada layar yang dapat dicopot dan diputar untuk kegiatan design. Pekerjaan kreatif seperti design, music production, dan video editing memang menjadi highlights dalam promosi Surface Book. Dan memang untuk design Microsoft juga menyertakan Surface Pen untuk menggambar dan walaupun saat ini ada sedikit lag saat menggunakan adobe photoshop tetapi hanya tinggal menunggu waktu untuk adobe memperbaikinya. Surface book juga memiliki beberapa tipe konfigurasi sama seperti Surface Pro 4, hanya saja ada dedicated GPU di Surface Book. Tetapi saat ini di Microsoft Store hanya tertulis Nvidia GPU dan belum jelas GPU tipe apa yang dibenamkan di Surface Book nantinya.

Akankah Menjadi Game Changer?

Pesaing Surface Book tidak diragukan lagi adalah lini Apple Macbook Pro, yang saat ini menjadi pilihan banyak orang untuk pekerjaan kreatif. Saya pribadi pengguna Macbook Pro sejak lama dan jujur saja melihat Surface Book membuat saya ingin mencicipinya dan bukan tidak mungkin mengganti Macbook Pro yang menjadi kepercayaan saya sejak lama. Saat diluncurkan pada tanggal 26 Oktober 2015 kemarinpun akhirnya Microsoft store mendapat antrian panjang layaknya orang mengantri Iphone walaupun meman tidak sepanjang antrian peluncuran Iphone, tetapi untuk produk dengan harga diatas $1,000 antrian ini luar biasa. Belum jelas kapan Lini Surface akan diluncurkan untuk pasar diluar US, dan Canada. Harga Microsoft Surface Pro 4 mulai dari $899, sedangkan Microsoft Surface Book di banderol mulai dari $1,499.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 6 =