Gebrakan Perangkat Murah Dari China

Beberapa tahun yang lalu mendengar hape cina sudah pasti membayangkan sebuah handheld murahan yang hanya cocok digunakan untuk menelpon, atau SMS saja. Pada masa itu saya ingat betul banyak event yang menghadiahkan hape cina dalam quiz, atau games karena memang murah sekali. Saya pribadi tidak pernah ingin memiliki salah satu hape cina tersebut, bentuknya yang kurang oke, selain itu fiturnya yang hanya basic saja tidak menarik minat saya untuk membelinya. Tetapi era itu tampaknya sudah berakhir, sekarang justru saya memiliki 2 hape cina yaitu Xiaomi Mi5, dan OnePlus One. Bukan hanya itu, Production House yang saya buat bersama teman-teman sayapun mengandalkan cukup banyak teknologi dari perusahaan China yang saat ini memang sudah jauh lebih bagus, dan dengan kualitas yang tidak murahan.

Beberapa pabrikan yang saya sebutkan di paragraf pertama sudah memberikan gebrakan yang membuat saya berpaling dari smartphone buatan Jepang, Korea, dll. Bagaimana tidak, dengan spesifikasi yang gahar, mereka memberikan harga yang jauh lebih murah. OnePlus yang pada saat meluncurkan “One” terhitung masih perusahaan baru menawarkan harga murah, dan ekslusifitas karena waktu itu untuk mendapatkan “One” hanya bisa dengan undangan saja. Mungkin cara pemasaran seperti ini yang cukup menarik sehingga membuat banyak orang tertarik untuk mendapatkannya. Berikutnya ada Huawei yang dulu merupakan salah satu pabrikan yang memproduksi hape cina murah. Walaupun pada dasarnya Huawei sudah merupakan perusahaan besar, tetapi handphone buatan mereka dulu sama sekali tidak mencerminkan perusahaan besar. Akan tetapi, sekarang image itu sudah hilang, lihat saja Huawei P9, dan juga Google Nexus 6p yang luar biasa cantik dan penuh dengan fitur yang bagus. Selain mereka masih ada Xiaomi, Oppo, Lenovo, Meizu, dan masih banyak lagi.

Selain smartphone ada satu hal yang saat ini saya salut yaitu laptoptablet, atau penggabungan keduanya. Ada satu brand yang bernama Chuwi. Bagi anda yang belum pernah mendengar tentang brand yang satu ini pasti akan sedikit underestimate saat mendengarnya. Tetapi jangan salah, mereka mempunyai sebuah tablet yang menurut saya sangat hebat, yaitu Hi12. Hi 12 adalah tablet seperti Microsoft Surface yang merupakan perpaduan antara laptop, dan tablet. Harganya hanya sekitar 3 juta, tetapi apa yang diberikan menurut saya hebat sekali. Layar 2K, RAM4Gb, Dual OS, rasanya harga 3 juta-an itu terlalu murah menurut saya. Walaupun memang belum ada service center di Indonesia, tetapi harga yang murah membuat banyak orang memakluminya. Dan bukan hanya Chuwi saja yang memberikan gebrakan, ada Xiaomi dengan Mi Book yang disebut sebagai pembunuh Macbook Air, lalu ada juga Teclast yang juga menawarkan fitur serupa dengan Chuwi.

Selain, smartphonelaptop, tablet, gebrakan dari China juga mencakup hampir di segala sisi elektronik, Kamera, Drone, bahkan self balancing scooter yang sedang populer belakangan ini juga diproduksi oleh China. Gebrakan-gebrakan ini membuat China saat ini merupakan salah satu negara penghasil teknologi yang patut diperhitungkan. Jangan kaget kalau nanti mereka mampu mengalahkan Jepang, dan Korea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − seven =