Game Dev Tycoon

Jika kamu seorang gamer pasti pernah berkhayal untuk membuat sebuah game yang kamu impikan. Mungkin di dunia nyata banyak yang harus kamu pelajari mulai dari programming, design, dll. Tapi ada cara instant untuk merasakan jadi developer game, melaui Game Dev Tycoon. Game simulasi bisnis yang satu ini memang judulnya cukup menarik perhatian para gamer. Siapa gamer yang tidak mau menjadi game developer? Mungkin inilah yang dilihat oleh developer Greenhearts Games sehingga berminat untuk membuat game ini.

Gameplay Game Dev Tycoon

Screenshot 2014-02-18 09.48.26

Game ini pada dasarnya adalah simulasi dalam membuat perusahaan developer game, diawal permainan gamer akan membuat karakter dan menentukan nama dari perusahaan. Pembuatan karakter tidak berpengaruh sama sekali terhadap gameplay, hanya sekedar avatar saja. Setelah pembuatan karakter barulah gamer bisa mulai untuk membuat game pertama, caranya simpel cukup menentukan genre, tema, platform, dan engine dari game yang akan kita buat. selanjutnya tinggal menentukan akan difokuskan ke arah mana pembuatan game tersebut. Setelah selesai maka akan masuk review dari majalah-majalah game yang akan menentukan game itu laris atau tidak.

Tidak sekedar membuat game

Screenshot 2014-02-18 15.22.28

Tidak hanya membuat game saja, gamer akan diajak dalam proses promosi dan research. Selain itu jika kehabisan dana untuk membuat game, gamer akan bisa melakukan pekerjaan sampingan yang disebuh contract work. Contract work ini bisa membantu gamer untuk membiayai biaya bulanan dari perusahaan tersebut. Dan semakin banyak pemasukan, maka semakin besar kantor yang dimiliki. Selain itu gamer juga akan diajak untuk mempekerjakan staff dari perusahaan tersebut. Sayangnya staff yang bisa dipekerjakan masih terbatas. Selain itu banyak juga event lain yang akan ditemui oleh gamer pada saat memainkan game ini.

Grafis

Screenshot 2014-02-18 15.16.20

Dari ukurannya yang kurang dari 200mb memang bisa ditebak bahwa grafis bukanlah sesuatu yang diunggulkan di game ini apalagi ini game simulasi. Untuk tampilan dan artwork sendiri tidak ada yang istimewa, terkesan seperti computer nerd dengan warna dan disain dari kantor yang dibuat. Selain itu dari segi musik pun tidak istimewa, dan saya sendiri memainkannya tanpa mendengarkan suara game sama sekali.

Kesimpulan

Screenshot 2014-02-18 12.20.48

Game Dev Tycoon memang bukan sebuah game yang istimewa, tetapi game ini cukup membuat anda ketagihan untuk memainkannya. Hanya saja jangan terlalu serius memainkan game ini karena menurut saya game ini masih bisa dibilang casual game. Tidak perlu serius dan mainkan untuk menghabiskan waktu saja, itulah cara yang tepat dalam memainkan game ini menurut saya. Tapi jangan salah, biarpun casual tetapi cukup sulit untuk terus melaju di game ini, kamu harus mampu mengendalikan pengeluaran perusahaan agar jangan sampai bangkrut. Saya sendiri saat pertama kali mencoba gagal di tahun ke 8 dimana pengeluaran menjadi minus 800.000. Game ini cocok bagi kamu yang ingin merasakan bagaimana menjadi seorang developer game, siapa tahu nanti kamu bisa jadi developer game beneran.

Jika kamu seorang gamer pasti pernah berkhayal untuk membuat sebuah game yang kamu impikan. Mungkin di dunia nyata banyak yang harus kamu pelajari mulai dari programming, design, dll. Tapi ada cara instant untuk merasakan jadi developer game, melaui Game Dev Tycoon. Game simulasi bisnis yang satu ini memang judulnya cukup menarik perhatian…

Review Overview

Gameplay
Grafis
Sound
Harga

Treasured Junk

Game Dev Tycoon, sebuah simulasi yang tepat bagi gamer yang ingin meraskan menjadi seorang developer game.

User Rating: 4.65 ( 2 votes)
71

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × one =