FF XIV : A Realm Reborn Quick Review

Serial Final Fantasy bukanlah serial yang asing ditelinga penggemar RPG didunia ini. FF Series bisa dibilang merupakan salah satu serial yang membuat genre RPG menjadi terkenal seperti sekarang ini. Selain dari RPG, Final Fantasy series jg hadir di genre MMORPG melalui FF XI, dan FF XIV. FF XI bisa dibilang…

Review Overview

Gameplay
Grafis
Sound
Harga

Treasured Junk

Penggemar serial Final Fantasy yang ingin merasakan sensasi MMORPG ala Square Enix wajib memainkan game ini

User Rating: Be the first one !
81

Serial Final Fantasy bukanlah serial yang asing ditelinga penggemar RPG didunia ini. FF Series bisa dibilang merupakan salah satu serial yang membuat genre RPG menjadi terkenal seperti sekarang ini. Selain dari RPG, Final Fantasy series jg hadir di genre MMORPG melalui FF XI, dan FF XIV. FF XI bisa dibilang cukup berhasil menembus pasar, tetapi FF XI bisa dibilang sudah usang karena tahun rilisnya 2003. Square Enix mencoba kembali ke dunia Online RPG melalui FF XIV, tetapi kali ini justru banyak review buruk mengenai FF XIV dan bahkan bisa dikatakan FF XIV adalah game yang gagal. Di banyak MMORPG, sekali sebuah game gagal maka tidak mungkin untuk dapat kembali ke pasaran, tetapi tidak dengan FF XIV. Square Enix dengan tanggap menerima kritikan dari para gamer dan merubah tim developer FF XIV sehingga MMORPG ini berhasil bangkit. Tidak hanya sekedar bangkit, saya bisa katakan ini adalah salah satu game MMORPG terbaik yang pernah saya mainkan. Dengan memperbaharui dunia FF XIV, Square Enix hadir kembali dengan FF XIV: A Realm Reborn.

Gameplay FF XIV

FF XIV: A Realm Reborn
dipenuhi dengan ras yang sering muncul di serial FF

Yang dapat saya katakan mengenai game ini adalah bahwa seperti halnya serial Final Fantasy sebelumnya, cerita menjadi hal utama disini. Quest yang diberikan oleh para NPC terus mengalir seiring dengan level character, dengan mengikuti main story dari FF XIV bahkan gamer dapat mencapati level tinggi tanpa perlu hunt seperti kebanyakan MMORPG. Sistem class di FF XIV juga berbeda dengan kebanyakan MMORPG, jika biasanya satu character tidak dapat merubah class nya, disini setiap character dapat merubah class sesuai dengan senjata yang digunakannya. Hanya saja memang rasanya sulit untuk mencapai level tertinggi di tiap class, dan juga rasanya tidak perlu karena base level tetap akan mentok di level 50. Jika class dapat diubah dengan mudah, lain halnya dengan job. Disini satu character hanya dapat memilih satu Job. Job disini merupakan advance class dari class yang kita pilih. Dan membutuhkan level tertentu di tiap class agar dapat berubah menjadi job tertentu. Misalnya untuk menjadi Palladin, maka dibutuhkan Gladiator Level 30, dan Conjurer Level 15.

Sistem Pembuatan Character

Character Creation
Sistem pembuatan karakter

Di FF XIV : A Realm Reborn, gamer akan dihadapkan pada banyak pilihan mulai dari race, class, dan gods. Sebaiknya gamer melakukan riset terlebih dahulu karena memang ada beberapa ras yang lebih cocok untuk class tertentu, tetapi tidak banyak perbedaan statusnya. Ras yang bisa dipilih antara lain Roegadyn, Hyur, Elezen, Mi’Qote, dan Lalafell.  Selain dari Ras, dan Classgamer juga harus memilih gods. Tapi tidak perlu pusing karena untuk saat ini Gods tidak mempunyai pengaruh terhadap statistik karakter. Pemilihan class akan berpengaruh dengan starting city dari tiap character. Misalnya Gladiator yang mendapat starting city di Ul’Dah, atau Conjurer yang mendapat starting city di Gridania.

Grafis dan Sound

FF XIV Map System
Map yang cukup membingungkan saat berpindah tempat disatu kota.

Di FF XIV: A Realm Reborn grafis dan gambar cukup bagus untuk sebuah engine game tahun 2010, bagi anda yang sudah familiar dengan Final Fantasy tentunya tidak akan asing dengan gambar, bentuk karakter, dan disain bangunan. Kota yang sangat megah membuat pengalaman bermain yang lebih baik, hanya saja menurut saya sistem map yang ada sekarang cukup membingungkan bila anda baru di game ini. Bahkan saya sempat berputar-putar di kota dan sempat googling untuk mencari tujuan quest saya. Musik yang ada di game ini menurut saya sangat istimewa, di satu sisi membuat pengalaman menjelajah lebih menyenangkan, tetapi juga masih enak untuk didengarkan bahkan saat kita tidak memainkan game ini.

Kesimpulan

FF XIV: A Realm Reborn merupakan MMORPG yang berhasil bangkit dari kematian, tidak hanya sekedar bangkit tapi juga berhasil menjadi salah satu game MMORPG yang wajib dimainkan pecinta Final Fantasy Series. Memang untuk memainkannya gamer membutuhkan biaya bulanan sebesar $12.99 untuk starter dan $15 untuk standart, dan gamer juga masih harus membayar lisensi gamenya sebesar $29.99. Harga yang ditawarkan oleh Square Enix masih terbilang terjangkau untuk ukuran game MMORPG dengan kualitas seperti ini. Ditambah lagi update-update berikutnya yang patut untuk ditunggu di game ini. Anda tertarik untuk mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + seventeen =