Dumb Ways to Die, Promo Keselamatan Lalulintas Yang Menyenangkan

Sebuah iklan layanan masyarakat kalau di Indonesia paling cuma berbentuk iklan di TV atau di Billboard saja, tapi sebenarnya ada banyak cara lain yang lebih interaktif untuk menyampaikan public service announcement atau iklan layanan masyarakat seperti game misalnya. Ya, adalah Metro Trains di Melbourne, Australia yang membuat sebuah game yang sebenarnya adalah…

Review Overview

Gameplay
Grafis
Sound
Harga

Hidden Treasure

Sebuah campaign keselamatan lalu lintas yang dikemas dalam bentuk game yang simpel dan lucu.

User Rating: 4.8 ( 2 votes)
86

Sebuah iklan layanan masyarakat kalau di Indonesia paling cuma berbentuk iklan di TV atau di Billboard saja, tapi sebenarnya ada banyak cara lain yang lebih interaktif untuk menyampaikan public service announcement atau iklan layanan masyarakat seperti game misalnya. Ya, adalah Metro Trains di Melbourne, Australia yang membuat sebuah game yang sebenarnya adalah sebuah campaign keselamatan agar orang-orang lebih berhati-hati dalam berkendara terutama di kereta. Campaign ini memang ditujukan untuk mereka yang seolah tidak peduli dengan poster-poster atau sejenisnya yang dipasang oleh Metro Trains di stasiun-stasiun. Dikemas secara lebih menarik dengan tokoh kartun yang lucu tapi sebenarnya agak sadis dan bodoh, tapi memang itu tujuannya karena menurut Metro Trains banyak cara bodoh yang menyebabkan seseorang meninggal seperti berdiri didepan garis pembatas di stasiun atau menyeberang tidak melalui jembatan penyeberangan. Sebenarnya campaign ini sudah ada sejak tahun 2012, tetapi pada tahun 2013 dibuatlah game versi iOS, dan tahun 2014 ini sudah dibuat juga game versi Androidnya.

Gameplay

Dumb Ways to Die

Game Dumb Ways to Die ini sebenarnya mempunyai gameplay yang cukup simpel, gamer akan disuruh untuk mencegah para tokoh kartun yang ada di game ini mati karena tindakan bodoh. Misalnya ada tokoh yang dengan sengaja menganggu sarang lebah dan membuat lebahnya marah, maka nanti gamer akan disuruh untuk mengusir lebahnya dengan cara memukul lebahnya dengan jari. Ada berbagai jenis tantangan yang disediakan dalam game ini, dan akan terus bertambah seiring dengan naiknya high score yang ada di device tersebut. Contoh lainnya adalah ada sebuah stage didalam game yang mengharuskan kita untuk mencegah tokoh kartun yang mengganggu beruang agar jangan sampai dimakan oleh beruang itu. Gambarnya memang terlihat lucu tetapi sebenarnya mempunyai pesan yang mendalam sekali.

Grafik & Sound

Screenshot_2014-02-05-22-14-50

Grafik yang ditampilkan cukup keren menurut saya pribadi, tokoh yang lucu, simpel, dan tidak berlebihan memegang peranan disini. Perpaduan warna yang digunakan juga warna yang soft sehingga enak dilihat mata dan tentunya akan disukai oleh anak-anak. Hal yang paling diingat di game ini adalah lagu Dumb Ways to Die yang catchy, yang membuat saya ingat terus dengan game ini yang dapat diakses apabila sudah mencapai skor tertentu didalam game. Kalian dapat melihat lagu ini di video diatas.

Kesimpulan

Screenshot_2014-02-05-22-16-29

Saya tidak bisa mengatakan ini adalah game yang amat bagus, sebenarnya gamenya lebih cocok untuk anak kecil. Gameplay yang kelewat simpel dan tidak sulit yang memang ditujukan agar gamer yang memainkannya bisa melihat apa yang terjadi jika segala sesuatu dilakukan dengan aman. Hal yang saya suka dari game ini adalah lagu dan karakter yang ada didalamnya. Bagi saya ini adalah sebuah campaign yang keren, apalagi bisa membantu mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Mungkin cara Metro Trains ini patut ditiru oleh lembaga-lembaga yang ada di Indonesia ataupun negara-negara lain.

 

One comment

  1. tapi kok buat saya gamenya susah yah.. dan nyebelin :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − three =