Ducky Shine 3 TKL – Quick Review

Keyboard mekanikal saat ini sudah bukan merupakan hal yang asing lagi di kalangan pengguna komputer. Baik bagi para gamer, profesional atau enthusiast. Setelah 20 tahun saya menggunakan keyboard membran dan hanya mendengar cerita orang mengenai keyboard mekanikal, akhirnya saya bisa mencicipi salah satu dari berbagai macam jenis keyboard mekanikal yang…

Review Overview

Build Quality
Desain
Fitur
Harga

Hidden Treasure

Untuk pengguna yang belum pernah sama sekali menggunakan mechanical keyboard, maka saya sarankan untuk mencoba. Tidak usah terburu-buru untuk membeli, hanya coba saja dulu. šŸ˜€

User Rating: 4.52 ( 5 votes)
88

Keyboard mekanikal saat ini sudah bukan merupakan hal yang asing lagi di kalangan pengguna komputer. Baik bagi para gamer, profesional atau enthusiast. Setelah 20 tahun saya menggunakan keyboard membran dan hanya mendengar cerita orang mengenai keyboard mekanikal, akhirnya saya bisa mencicipi salah satu dari berbagai macam jenis keyboard mekanikal yang tersedia di pasaran.

Keyboard mekanikal digemari banyak kalangan karena biasanya memiliki performa, kualitas produksi, daya tahan dan tingkat presisi yang jauh lebih baik daripada saudara-saudaranya yang menggunakan sistem membran.

Perbedaan yang paling mendasar antara keyboard mekanikal dan membran adalah sistem switch yang digunakan. Pada keyboard membran yang digunakan adalah PCB dengan lapisan membran karet yang memiliki kontak untuk semua karakter yang ada pada keyboard, sehingga apabila salah satunya ditekan maka kontak tersebut akan mengaktifkan jalur di PCB untuk mengirim sinyal karakter yang diinginkan kepada komputer. Sedangkan pada keyboard mekanikal, ada satu switch untuk masing-masing karakter yang ada pada keyboard yang akan aktif apabila ditekan dan mengirimkan sinyal untuk karakter tersebut kepada komputer. Hal ini yang membuat harga keyboard mekanikal dapat jauh meninggalkan saudaranya di belakang.

Tetapi saat ini sudah makin banyak produsen peralatan komputer yang mulai memproduksi keyboard mekanikal, kita sebagai konsumen berharap hal tersebut dapat menumbuhkan persaingan harga dan kualitas antarĀ  produsen yang akan menguntungkan konsumen.

Ducky adalah salah satu produsen keyboard mekanikal yang terkenal karena kualitas pembuatan yang baik dan mode pencahayaan LED yang unik yang ada pada keyboard produksi mereka. Kali ini saya akhirnya berkesempatan untuk membiarkan jemari saya bermain di atas salah satu keyboard produksi Ducky yaitu Ducky Shine 3 TKL (TKL atau TenKeyLess – keyboard yang tidak memiliki bagian NumPad di sebelah kanan). Keyboard ini berfungsi dan memilikiĀ  fitur sama dengan keyboard yang berukuran penuh, hanya saja tidak memiliki tombol-tombolĀ  numerik di bagian kanan keyboard sehingga memiliki bentuk dan ukuran yang lebih kompak. Beberapa orang akan menyukai desain kompak ini, terutama orang yang membutuhkan space lebih di meja kerjanya, atau gamer yang ingin mousenya lebih dekat kepada keyboard.

Fitur-fitur yang diunggulkan oleh Ducky pada produk iniĀ  adalah sebagai berikut:

  • Cherry MX switches
  • Full LED back light
  • 7 level of brightness
  • 2 user customizable back light profiles
  • Customizable back light modes: Breathing, Wave Marquee, Snake Marquee, Reactive, Ripple
  • Dual layer PCB for extra durability
  • 3 multimedia keys
  • Detachable gold-plated USB Cable
  • UV coated Laser printed ABS keycaps
  • N-Key Rollover via USB
  • Red-colored WASD replacement keys
  • WireĀ  keycap puller
  • DIP switches for more customization
Keycap spacebar alternatif dengan logo Ducky. Yang terpasang dari awal adalah yang bergambar ular
Keycap spacebar alternatif dengan logo Ducky. Yang terpasang dari awal adalah yang bergambar ular

Packaging

Kemasan dari keyboardĀ Ducky Shine 3 TKL Mechanical Keyboard tidak terlalu istimewa, malah terlihat biasa saja bila dibandingkan dengan kemasan dari beberapa produk seperti CoolerMaster Quickfire atau Powerlogic Armaggeddon series yang benar-benar terlihat seperti perlengkapan gaming. Tidak ada kesan bahwa keyboard yang ada di dalamnya adalah keyboard gaming, dan memang Ducky pun tidak mengklaim bahwa produknya ini adalah produk khusus untuk gaming.

Pada bagian depan kardus kemasannya, hanya ada logo Ducky dan logo Shine 3 yang diberikan efek cahaya dengan background hitam. Selain itu hanya ada alamat website dari Ducky sendiri.

Logo Ducky dan Shine 3 pada bagian depan kemasan
Logo Ducky dan Shine 3 pada bagian depan kemasan

Pada bagian belakang terdapat informasi mengenai fitur-fitur yang terdapat pada keyboard ini, lengkap dengan gambar untuk lebih menarik konsumen. Saya salut bahwa Ducky dengan berani dan tegas menyatakan dengan font yang tebal dan besar di bagian belakang kemasan bahwa produk ini adalah “Made in Taiwan”.

Setelah membuka kemasan, maka di dalamnya akan ditemukan kelengkapannya, yaitu: Keyboard dengan cover plastik, kabel standard USB to mini USB gold-plated, tombol space bar alternatif dengan logo Ducky, tombol WASD alternatif berwarna merah, keycap puller, quick start guide dan kartu garansi.

Isi kemasan Ducky Shine 3 TKL
Isi kemasan Ducky Shine 3 TKL

Desain dan Penggunaan

Seperti produk-produk keyboard Ducky yang lain, keyboard ini memiliki desain yang simple apabila dibandingkan dengan beberapa produk sejenis di pasaran. Dengan form-factor TenKeyLess (TKL), tombol-tombol NumPad ditiadakan untuk menghemat tempat di atas meja, atau di dalam tas apabila dibawa untuk LAN-Party. Jangan tertipu dengan ukurannya yang kompak, karena keyboard ini masih memiliki bobot sekitar 1.2kg.

Ducky TenKeyLess
Ducky TenKeyLess

Pada bagian kanan keyboard, terdapat tombol-tombol untuk mengatur fitur-fitur yang ada di keyboard ini, tentu saja jika tombol-tombol tersebut dikombinasikan dengan tombol Fn yang terdapat di sebelah tombol Ctrl kanan. Fitur-fitur yang dapat diatur dijelaskan dengan rinci pada quick start guide yang disertakan pada kemasan.

Pada bagian bawah keyboard terdapat stand yang dapat dilipat untuk menambah ketinggian dan kemiringan keyboard, biasanya digunakan untuk menambah kenyamanan pengguna dalam mengetik pada keyboard ini.

Selain stand tersebut, ada juga satu port mini USB untuk menyambungkan kabel dari keyboard ke PC. Pada port tersebut disediakan tiga jalur kabel yang mengarah ke belakang, kiri atau kanan dari keyboard untuk menjaga kerapian meja komputer pengguna. Fitur sederhana ini walaupun kecil dan kelihatan tidak terlalu penting, tetapi sangat berguna dan belum tentu disediakan oleh produk-produk yang dibuat oleh produsen lain.

Pada dasar keyboard, tersedia empat buah DIP (dual in-line package) switch, yang dapat mengaktifkan fungsi-fungsi pada keyboard ini. Fungsi-fungsi tersebut adalah:

  1. DIP1: Menukar tombol Ctrl kiri dan CapsLock
  2. DIP2: Menukar tombol Alt dan Windows
  3. DIP3: Menonaktifkan tombol Windows (gaming mode)
  4. DIP4: Demo mode (pada mode ini, penekanan pada keyboard tidak akan mengirimkan sinyal apapun kepada komputer)
DIP Switch di dasar keyboard
DIP Switch di dasar keyboard

Keyboard yang saya cicipi ini adalah Model Shine 3 TKL dengan switch Cherry MX Red Switch dan Red LED back light. Red switch menjadi pilihan saya karena switch ini adalah jenis switch yang linear, apabila ditekan maka tidak terasa tahanan atau pun suara klik, karena saya menyukai tombol yang mudah ditekan agar tidak cepat lelah dalam melakukan kegiatan berkomputer. Orang-orang berpendapat bahwa Cherry MX Red Switch lebih ditujukan untuk gaming dan kurang nyaman untuk kegiatan mengetik biasa. Menurut saya yang datang dari kelompok pengguna keyboard membran, switch ini tidak memiliki masalah apapun dalam penggunaan bermain game atau mengetik sehari-hari. Tombol yang terasa empuk memilikiĀ feel mirip dengan tombol pada keyboard membran, hanya saja terasa lebih tegas dan responsif. Apapun pendapat orang-orang mengenai switch apa yang cocok untuk kegiatan tertentu, semua akan kembali kepada selera, kebutuhan dan keinginan dari masing-masing pengguna.

Cherry MX Red Switch pada Ducky Shine 3 TKL
Cherry MX Red Switch pada Ducky Shine 3 TKL

Pencahayaan LED

Ducky Shine 3 TKL Mechanical KeyboardĀ memiliki banyak pilihan pencahayaan LED. Pencahayaan yang dapat dipilih menggunakan tombol Fn+F10 adalah:

  1. 100% LED Illuminated: Semua lampu LED menyala sesuai dengan warna yang dimiliki, kecuali LED pada tombol CapsLock dan ScrollLock.
  2. Breathing Mode: Semua lampu LED menyala, lalu perlahan sinarnya memudar kemudian menyala kembali.
  3. Wave Marquee Mode: Semua lampu LED menyala, kemudian akan membentuk gelombang dari kiri ke kanan.
  4. Snake Marquee Mode: Lampu akan menyala bergerak dari kanan atas menuju kiri, dan berlanjut ke baris di bawahnya dari kiri ke kanan dan seterusnya seperti gerakan di game klasik Snake.
  5. Reactive Mode (Fading): Dapat dipilih antara dua model, tombol yang ditekan akan menyala, atau tombol yang ditekan akan mati.
  6. Ripple dan Aurora Mode: Lampu akan menyala mulai dari tombol yang ditekan menuju ke luar keyboard, dalam bentuk gelombang penuh atau hanya satu baris saja.
  7. All LED Off: Semua LED mati.
Opsi LED 100%
Opsi LED 100% dengan tingkat brightness paling rendah

Selain dari tombol-tombol tersebut, Ducky Shine 3 memiliki 2 LED tambahan di bagian tombol space bar. Tidak seperti LED lainnya di keyboard ini, LED tersebut adalah LED RGB yang dapat diatur warnanya sesuai kehendak pengguna. Pengaturan warna RGB dilakukan menggunakan tombol Fn+Ins / Home / PgUp. Untuk mengaktifkan kedua LED tersebut cukup menekan tombol Fn+Space.

Tidak hanya itu, Ducky juga menyediakan fungsi untuk mengatur LED lebih lanjut sesuai dengan kemauan kita. Dengan menekan tombol Fn+F11 / F12 maka akan mengaktifkan fungsi LED Custom1 (CM1) atau Custom2 (CM2). Dengan fungsi itu, tombol yang disinari LED benar-benar dapat kita pilih sesuai dengan apa yang kita tekan. Jadi kita dapat menyesuaikan pencahayaan dengan tombol-tombol yang kita perlukan di game atau aplikasi tertentu.

Ducky Shine 3 TKL Mechanical Keyboard

Tampilan profesional dari keyboard mekanikal Ducky
Tampilan profesional dari keyboard mekanikal Ducky

Sekian sedikit ulasan saya mengenai Ducky Shine 3 TKL Mechanical Keyboard.Ā  Saya merekomendasikan keyboard ini kepada orang yang:

  • Belum pernah sama sekali menggunakan mechanical keyboard
  • Ingin menghemat tempat di meja komputer atau dalam gaming gear bag
  • Menyukai mechanical keyboard dengan budget yang tidak terlalu besar
  • Menginginkan mechanical keyboard dengan dukungan LED back light yang lengkap

Dengan desain yang kompak dan pilihan fungsi serta warna LED back light yang bermacam-macam (Red, Blue, Green, Magenta, Orange dan White) dan dukungan ketersediaan dari beberapa jenis Cherry MX Switch (Red, Black, Brown, Blue) dengan harga yang masih masuk akal dalam ukuran keyboard mekanikal (pada saat saya dapatkan sekitar Rp 1.4Ā  juta), maka keyboard ini sangat cocok untuk semua orang dengan kegiatan berkomputer yang berbeda-beda, baik gamer, programmer,Ā office professional atau keyboard enthusiast.

Untuk pengguna yang belum pernah sama sekali menggunakan mechanical keyboard, maka saya sarankan untuk mencoba. Tidak usah terburu-buru untuk membeli, hanya coba saja dulu. šŸ˜€

Manufacturer: Ducky
Model: Shine 3 TenKeyLess (DK9087S3-RUSALAAR1)
Price: IDR1.490.000 (US$140)

The Good:
+ Build quality
+ Cherry MX switches
+ Fully Customized LED Backlight
+ 2 RGB LED on spacebar key
+ N-Key Rollover
+ Onboard memory to store preferences
+ No software needed

The Bad:
– No wrist-rest included
– No Macro keys
– No additional ports (USB or audio)
– 2 RGB LED on spacebar key

3 comments

  1. Punya saya ducky shine 3 tkl brown switch green led šŸ˜€

    Kok punya saya led f2-f4 kemudia f6-f8 ga nyala ya gan ? kok punya agan bisa nyala semua itu di foto

    • mungkin modenya bro. šŸ™‚ coba dibuka manualnya deh itu ada beberapa mode yang bikin lampunya sebagian gak nyala.

    • Coba teken Fn + F9 untuk toggle LED nya bro.. itu kalo yang nyala cuma F1 sama F5 nya fungsinya hanya untuk kasih tanda speed delay dan repeat mana yang sedang aktif. Enjoy šŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 6 =